Rabu, 27 Oktober 2010

Candi Cetha

Candi Cetha merupakan candi yang terletak di lereng Gunung Lawu pada ketinggian sekitar 1400 mdpl. Candi ini terletak di Dukuh Cetha, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jadi jangan lupa membawa jaket jika mau pergi ke candi ini dan bahan bakar secukupnya.

Menurut saya, candi ini adalah salah satu candi yang cukup membutuhkan perjuangan untuk sampai ke sana. Jalan yang harus ditempuh adalah jalanan yang hampir sebagian besar menanjak dengan tanjakan yang cukup tajam apalagi pada jalan-jalan terakhir. Setidaknya ketika menuju ke candi ini ada hiburan berupa kebun teh dan pemandangan yang cukup bagus (mungkin) (kalau tidak berawan).
Candi Cetha
Candi ini merupakan candi Hindu dengan bentuk punden berundak (ingat pelajaran sejarah pada bab zaman pra sejarah :p). Bangunan utamanya berada di paling belakang atau dengan kata lain yang paling atas. Sayangnya pengunjung tidak boleh masuk ke sana karena tempat itu dihalangi pintu (juru kuncinya juga gak tahu di mana). Kalau melihat dari foto di atas sih tidak mirip candi yang biasanya, ya karena yang benar-benar candinya ada di bagian belakang. Candi ini masih digunakan untuk tempat ibadah sehingga akan dijumpai (dicium) bau dupa. Di bagian atas juga terdapat rumah-rumah dari kayu yang entah apa yang ada di dalam rumah itu.
Burung (???)
Yang cukup menarik di candi ini adalah gayanya yang mirip pura di Bali, sehingga jika ada orang yang melihatnya dapat salah mengira jika tempat tersebut sebenarnya berada di Pulau Jawa. Selain itu juga terdapat batu-batu yang ditata membentuk segitiga yang di belakangnya terdapat patung kura-kura dan di depannya terdapat lingga. Jadi kalau dilihat secara keseluruhan nantinya malah terlihat seperti burung (???).

Kalau saya boleh berpendapat, saya akan menyebut candi ini sebagai candi mesum karena banyak terdapat lingga yang mempunyai bentuk yang mirip dengan apa yang diwakilinya (tidak perlu saya sebutkan). Sayangnya masih di kabupaten yang sama (hanya berada di kecamatan sebelahnya) terdapat candi yang menurut saya lebih mesum XP.

Bali (???)

3 komentar:

Cang mengatakan...

artikelmu keren2 lho Chul....lanjutkan !! (rock)

Anonim mengatakan...

sudah saya khususkan untuk tmpt2 yg sudah saya datangi. dan foto2na bnr2 diambil sendiri.
jadi ga ada repost. hehe

TravelExplore mengatakan...

Mari lanjutkan (hehe)

Poskan Komentar

Silakan bertanya sepuasnya, apabila ingin tahu lebih jauh silakan PM saya