Minggu, 17 Oktober 2010

Candi Borobudur

Candi Budha yang paling terkenal di Indonesia tak lain dan tak bukan adalah candi Borobudur. candi yang terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang ini merupakan candi yang termasuk world heritage atau warisan dunia. Dulu candi ini dianggap salah satu tujuh keajaiban dunia, namun sepertinya yang menganggapnya sebagai salah satu 7 wonders hanyalah orang Indonesia saja. Saya tidak pernah melihat literature (kecuali buatan Indonesia) yang menyebutkan bahwa candi ini termasuk salah satu 7 wonders. Sepertinya kesalahpahaman yang menganggap bahwa world heritage sama dengan seven wonders.
Candi Borobudur
Kadang orang menganggap bahwa candi ini terletak di provinsi DI Yogyakarta. Namun saya sebagai orang Jawa Tengah merasa tidak terima (hehe). Bila melihat informasi dari luar negeri (misal dari internet), kadang candi Prambanan disebut sebagai candi Borobudur (doh).
Salah satu relief
Tiket masuk ke candi untuk wisatawan lokal seharga Rp15000 (atau 20rb ya???), dan untuk wisatawan manca lebih mahal. Waktu masuk gerbang ada petugas yang membawa metal detektor (sepertinya setelah kejadian bom karena dulu sepertinya tidak) namun tidak digunakan untuk memeriksa (doh sama aja boong).
Candi Borobudur ini kalau dari atas terlihat seperti bunga teratai (sayang belum pernah lihat kecuali dari google map dan tv). Kalau pengin mengetahui cerita di reliefnya kita harus menyewa guide atau mungkin ngikut rombongan bule yang biasanya membawa guide dan ikut nguping (hehe). Kalau tidak mau tahu paling mengira-ngira sendiri dan mungkin mengira-ngiranya agak nyeleneh (hehe).

Kalau mau ngelilingi tiap tingkat candi yang ada 10 tingkat ini (kalau gak salah) pastinya bisa diitung-itung olahraga soalnya lumayan bikin ngos-ngosan. Borobudur ini sepertinya adalah tempat favorit lembaga bimbingan belajar bahasa inggris  di daerah Kedu dan DIY untuk melatih anak didiknya agar bisa berbicara langsung dengan bule.

Menurut saya relief yang paling menarik adalah relief kapal yang katanya dulu telah menjelajah hingga Afrika. Kalau relief lain karena menggabung ke suatu cerita jadinya saya kurang tertarik (paling isinya gambar orang atau binatang).
Salah satu relief kapal
Yang paling repot jika ke sini adalah jika sedang kebelet apalagi bila kebeletnya di puncak, harus turun candi dulu untuk ke toiletnya. Dulu ketika saya masih kecil saya sempat kebelet dan mencari sudut yang sepi dan pipis di sana (blush).

Dasar orang Indonesia, walau sudah jelas tertulis di papan tetap saja melanggarnya. Peringatan dilarang duduk atau dilarang naik ke stupa tetap dilanggar, apalagi di stupa utamanya yang sebagian besar malah digunakan sebagai tempat duduk dan salah satu lokasi foto yang paling sering digunakan. Objek utama yang paling sering diambil yaitu stupa yang terbuka yang terdapat patung Budhanya. Entah mengapa jika melihat foto-foto di majalah mengenai candi Borobudur selalu saja objek ini yang muncul.
Salah satu arca

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan bertanya sepuasnya, apabila ingin tahu lebih jauh silakan PM saya