Sabtu, 23 Maret 2013

Pantai Ketawang – Bekas Tambang yang Sunyi



Sebenarnya banyak tempat yang telah saya kunjungi (gak banyak-banyak juga sih, juga cuma daerah dekat-dekat) tapi di blog ini 50 tulisan pun belum ada padahal dah beberapa tahun berjalan, entah karena saya yang malas menulis atau karena saya tidak terlalu suka menulis tempat-tempat yang dah banyak infonya di dunia maya (pengecualian untuk tulisan awal karena masih coba-coba dan beberapa yang gak di awal :p).

Pantai Ketawang terletak di dusun Ketawang, desa Ketawangrejo, kecamatan Grabag, Purworejo. Tetapi tatkala saya browsing-browsing di inet, pantai Ketawang disebut juga dengan pantai Jetis, padahal Jetis sendiri merupakan nama dusun di desa Patutrejo yang terletak di sebelah timur desa Ketawangrejo. Usut punya usut setelah saya lihat di suatu peta, ternyata kedua dusun tersebut juga saling berbatasan, sehingga kemungkinan kedua pantai tersebut juga sulit untuk dicari batasnya. Lokasi secara astronomis terletak pada 7.849166667S, 109.895E

Double Grade
Untuk ke pantai ini yang paling mudah dari Kutoarjo tinggal menuju stasiun dan terus ikuti jalan ke selatan hingga jalan Daendels dan ikuti lagi jalan ke selatan hingga ke pantai. Jika lewat jalan Daendels dari Kebumen atau Jogja tinggal menuju bagian Purworejo yang jalannya dah acak kadut dan sampai nemu petunjuk ke Ketawang. Bisa juga lewat jalan sebelum plang ke Ketawang (dari arah Jogja) yang nanti melewati gerbang dengan tulisan selamat datang di pantai Jetis, tinggal mengikuti jalan paving hingga pantai.

Di pantai ini sudah ada tempat parkir, tempat makan, dan tiada retribusi. Jenis pasir di pantai ini adalah pasir besi yang hitam, dan ketika saya membaca beberapa plang di jalan masuk, sepertinya dulu pantai ini menjadi tempat menambang pasir besi tapi sekarang sudah tidak lagi dan sekarang sedang direklamasi. Pantai ini menjadi spot mancing pasiran dengan pancingnya yang panjang-panjang dan saya hanya membawa tripot yang saya panjangkan kaki-kakinya :p. Selain itu juga terdapat payung-payung buat tempat berteduh dan seperti bekas/mau dibikin kolam renang (?) yang hanya berupa cerukan saja.

Kali dari rawa
Kalau masalah pemandangan pantai ini menurut saya biasa-biasa saja. Kalau cuma mau menikmati sore atau ingin menikmati angin semilir ya masih ok lah. Dari pantai ini kita bisa melihat pegunungan sewu dan menoreh di sebelah timur dan karst gombong di sebelah barat. Yang paling menyita perhatian mata saya adalah adanya mercusuar yang lokasinya cukup dekat, sekitar beberapa ratus meter barat laut dari pantai. Ketika menuju ke mercusuar, saya menggunakan jalan pasir yang menuju ke barat yang berada di ujung jalan paving (mobil gak bisa tembus), dan ternyata di tengah jalan, jalan ini dibelah oleh sungai kecil dan saya harus melewati sungai tersebut tanpa jembatan, kira-kira sih dalamnya cuma 30 cm (gak separah banjir Jakarta kok :p).

Mercusuar ini terletak di tengah rawa-rawa  yang sudah dimanfaatkan sebagai kolam ikan dan lahan bercocok tanam. Di tempat ini sudah ditulisi “dilarang memancing, ikan dipelihara”, tapi banyak orang yang tetap memancing di sana -___-;). Mercusuar ini cukup tinggi dengan banyaknya jumlah jendela, tapi sayangnya saya tidak masuk ke dalamnya. Kalau menurut saya, bangunan-bangunan tinggi itu bagusnya kalau dilihat dari bawah karena terlihat itu bangunan apa, kecuali kalau di dalam bangunan itu ada sesuatu yang menarik, atau mau main bungee jumping :p.
Mercusuar

13 komentar:

Inan mengatakan...

Indah banget nih pantai ketawang ini. Kelestariannya harus tetap dijaga.

El Cid mengatakan...

Foto bisa menipu lho, jangan percaya dengan foto yang saya poskan :p, kalau pengin tahu aslinya harus langsung datang ke tempatnya :p

Bener banget kelestariannya harus tetap dijaga.

Faizal Abdillah mengatakan...

Hehehe, baru seminggu pergi dari Ketawang rasanya piling balik lagi. . .

Baron mengatakan...

Sayang pantai Ketawang kurang di tata dng baik oleh masyarakat sekitar maupun pemda.jd masyarakat kurang antusias

agam sugiarto mengatakan...

Hmm..mm,Pantai ketawang... mengingatkan saya pada saat remaja alias bujang luntang lantung:)

rizka indarto mengatakan...

http://caket.org/pantai-ketawang-indah/

paket wisata lombok gili bali mengatakan...

waw keren pantainya :)
kapan-kapan bisa dtng ksini nih

Paket Wisata Lombok
Mutiara Lombok
lombok property

alan nobita mengatakan...

wihhh,, di purworejo ada mercusuar ya,, kudu kesini :D

angkisland mengatakan...

Waahh be,lum kesampean ke sini hehehe

paket wisata lombok tour gili trawangan marlionllc mengatakan...

Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari pearl wholesale dan sukses selalu untuk Anda.

tour lombok mengatakan...

kalo pantainya sunyi, berarti serem dong ?
https://adaperistiwa.blogspot.co.id/2014/02/blog-post.html?showComment=1483702508404#c6828300295365517195

Susanti Firdaus mengatakan...

Mari berkunjung ke #pantaiketawangindah
Sudah banyak perombakan2 semoga bisa memuaskan pengunjung wisata #pantaiketawangindah.. matursuwun

Unknown mengatakan...

Untuk transportasi ksana mudah gak? Saya berencana ksana single traveler.. Mohon bantuannya..

Posting Komentar

Silakan bertanya sepuasnya, apabila ingin tahu lebih jauh silakan PM saya